Prinsip Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan Dioda Bridge

Prinsip Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan Dioda Bridge

Inphase –┬áJembatan Dioda adalah penyearah sistem jembatan yang menggunakan empat dioda yang disusun di jembatan atau jembatan. Oleh karena itu, konfigurasi ini ke empat dioda sering disebut dioda. Penyearah sistem jembatan mampu menghasilkan output gelombang penuh dari belitan transformator tunggal. Dalam hal ini, ini berbeda dari penyearah gelombang penuh yang harus menggunakan transformator CT.

Sistem jembatan penyearah terdiri dari empat blok dioda yang bertindak secara bergantian pada setiap fase sinyal sinusoidal. Ini membuat pelepasan jenis penyearah ini identik dengan penyearah gelombang penuh, bahkan jika itu hanya menggunakan satu belitan transformator. Sirkuit penyearah dengan sistem jembatan dianggap lebih murah jika Anda hanya bertujuan untuk menghasilkan satu tegangan karena Anda tidak perlu menambahkan belitan transformator.

Seperti disebutkan di atas, untuk membuat sistem jembatan penyearah, kita membutuhkan setidaknya 4 dioda. Dalam beberapa aplikasi, kami diizinkan untuk menambahkan lebih banyak dioda secara paralel, jadi kami menggunakan 8 dioda. Tetapi pada dasarnya konfigurasi yang dibuat selalu mengacu pada serangkaian 4 dioda.

Dioda Bridge

Dioda Bridge adalah komponen yang terdiri dari empat dioda khusus yang didedikasikan untuk memperkuat sistem jembatan. Dengan komponen ini, kita tidak perlu lagi mengatur dioda dioda untuk membentuk jembatan.

Jembatan Dioda memiliki empat kaki, identitas masing-masing kaki menjadi AC-IN, AC-IN, V+ dan V-. Dengan ini, kita dapat secara langsung menghubungkan jembatan dioda secara instan ke sumber tegangan alternatif baik dari transformator, atau langsung dari 220V seperti pada catu daya SMPS.

Ada dua jenis simbol dioda jembatan yang umumnya ditemukan, yaitu empat dioda yang disusun di jembatan dan beberapa diwakili dengan dioda tunggal dalam sebuah kotak. Jembatan dioda memiliki 4 terminal, yaitu dua ac -in, vout + dan v out -.

Prinsip Kerja Dioda Bridge

Prinsip operasi jembatan dioda sama dengan pengoperasian empat dioda biasa yang diatur dalam sistem jembatan. Pengoperasian sirkuit ini sama dengan penyearah yang menghasilkan output sinyal sinusoidal gelombang penuh. Untuk detail lebih lanjut tentang pengoperasian jembatan Dioda, silakan merujuk ke penjelasan berikut.

Penyearah dengan sistem jembatan tunggal dengan empat dioda yang diatur dalam pola jembatan dijelaskan. Meskipun terdiri dari empat dioda, hanya dua dioda yang benar -benar beroperasi di setiap fase sinyal sinusoidal.

Kelebihan Dan Kekurangan Dioda Bridge

Keuntungan dari penyearah sistem jembatan adalah bahwa ia dapat menghasilkan output tegangan kontinu gelombang penuh dari belitan transformator tanpa menambahkan belitan lain ke transformator seperti pada penyearah gelombang penuh. Ini dianggap menguntungkan karena biaya koil lebih tinggi dari harga dioda.

Sementara kerugian dari jenis penyearah ini adalah bahwa ada hilangnya tegangan dalam lapisan 1,4 V (2 x 0,7 V) yang disebabkan oleh penggunaan dua dioda serial. Penyearah dengan sistem jembatan tidak cocok untuk membuat catu daya dengan beberapa tegangan output.

Referensi: https://www.kelasplc.com/